Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Tentang ANC Terhadap Kepatuhan ANC Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi Periode Januari-Mei Tahun 2019
WITA YUNI SUWANDI

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar belakang: Target global SDGs (Suitainable Development Goals) adalah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) menjadi 70 per 100.000 KH. Setiap ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ANC komprehensif minimal 4 kali yaitu trimester 1 minimal 1,trimester kedua minimal 1 kali dan minimal 2 kali pada trimester ketiga. Hasil pencatatan dan pelaporan Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi periode Januari-Maret 2019 jumlah seluruh ibu hamil ANC adalah 648 orang.

Tujuan: untuk untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil primigravida tentang ANC terhadap kepatuhan ANC di Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi Tahun 2019.

Metode: penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan secara Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil primigravida yang ada di wilayah kerja Puskesmas Limbangan periode Januari-Mei Tahun 2019 yaitu sebanyak 41 ibu hamil primigravida. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah sistem random sampling Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat menggunakan SPSS 17.0 dengan uji chi-square.

Hasil: distribusi frekuensi pengetahuan ibu hamil primigravida tentang ANC sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 24 responden (58,5%), ibu hamil yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak 15 responden (36,6%) dan memiliki tingkat pengetahuan kurang sebanyak 2 orang (4,9%), distribusi frekuensi kepatuhan melakukan ANC sebagian besar ibu hamil patuh dalam kunjungan ANC sebanyak 36 responden (87.8%) dan ibu hamil tidak patuh sebanyak 5 responden (12,1%), dan Hasil uji statistik analisa bivariat menunjukkan p value = 0,001 yang berarti terdapat Hubungan pengetahuan ibu hamil primigravida tentang ANC terhadap kepatuhan ANC di Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi Tahun 2019.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil primigravida tentang ANC terhadap kepatuhan ANC di Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi Tahun 2019.

Saran: Diharapkan ibu hamil mendapatkan informasi melalui informal salah satunya penyuluhan dari petugas kesehatan atau pelaksanaan kelas ibu yang rutin dilaksanakan oleh bidan desa di Puskesmas Limbangan. Bagi Puskesmas untuk meningkatkan sumber informasi paling banyak yang didapatkan oleh responden berasal dari petugas kesehatan langsung, sehingga bisa mempengaruhi pengetahuan responden karena petugas kesehatan sebagai sumber utama pengetahuan mengenai kesehatan.

 

Kata Kunci                  : Pengetahuan, Kepatuhan ANC

Daftar Pustaka            : 22 (2009-2018)

 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login