HUBUNGAN SANITASI RUMAH SEHAT DENGAN KEJADIAN PENYAKIT SCABIES DI DESA SUKAMEKAR WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LIMBANGAN KABUPATEN SUKABUMI TAHUN 2016
SITI FATIMAH

Abstrak

ABSTRAK

 

Rumah yang sehat merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum. Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan.Penyakit Skabies adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap Sarcoptes sabies varian hominis dan produknya. Penyakit ini sering juga disebut dengan nama lain kudis, The itch, Seven year itch, Gudikan, Gatal Agogo, Budukan atau Penyakit Ampera.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti Hubungan Sanitasi Rumah Sehat Dengan Kejadian Penyakit scabies di Desa Sukamekar Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Limbangan Kab. Sukabumi Tahun 2016.

Rancangan pada penelitian ini adalah Observasional dengan menggunakan Survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 202 penderita pada periode Januari-Maret 2016. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 67 penderita scabiespada tahun 2016 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling.

Hasil penelitian sanitasi rumah menunjukan sebanyak 34 responden (73,9%) masuk kategori rumah tidak sehat. Hasil penelitiankejadian scabies didapatkan setengah dari responden atau sebanyak 23 responden (50%) masuk kategori scabies dan sisanya sebanyak 23 responden (50%) masuk kategori tidak scabies. Hasil uji statistik diketahui nilai Pvalue 0,044 <0,05.Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti terdapat Hubunganhubungan kondisi sanitasi dasar rumah dengan kejadian scabies dalam rumah.

Terdapat Hubunganhubungan kondisi sanitasi dasar rumah dengan kejadian scabies dalam rumah di Desa Sukamekar Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Limbangan Kab. Sukabumi Tahun 2016.

 

Kata Kunci    : Sanitasi, Rumah, Sehat, Penyakit, Skabies
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login