PENGARUH BESAR TEGANGAN REAKTOR PADA ELEKTROKOAGULASI TERHADAP PENURUNAN KADAR KKERUHAN(NTU) PADA AIR TANAH DI KP.PANINGEUNGAN DESA SUKARAJA KABUPATEN SUKABUMI 2018
SITI FATIMAH

Abstrak
ABSTRAK 


Kekeruhan adalah jumlah butir-butir zat yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang yang tergenang dalam air.Dari hasil studi pendahuluan kandungan Kekeruhan dalam air tanah di kp.panineungan desa sukaraja kabupaten sukabumi yaitu 37 NTU secara fisik berdasarkan Permenkes RI No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tidak memenuhi syarat kesehatan sebagai air bersih karena melebihi batas syarat 25 NTU.Berdasarkan uraiandiatas peneliti ingin mencoba menggunakan metode elektrokoagulassi dengan menggunakan besar tegangan yang berbeda pada reactor elektrokoagulasi yaitu 3 volt, 6 volt, 9 volt dan 12 volt untuk menurunkan kadar kekeruhan (NTU) pada air tanah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh besarnya tegangan dalam proses elektrokoagulasi dalam penurunan kadar Kekeruhan dalam air tanah, dengan menggunakan tegangan yang berbeda. Jenis penelitian ini berdasarkan sifat masalahnya adalah ekperimental, yang menggunakan penelitian Verifikatif. Populasi penelitian adalah 26 sampel air atau yang mengandung kadar kekeruan yang melebihi batas syarat kesehatan yaitu25 NTU.Sampel penelitian terdiri dari 26 sampel air yang diambil dari sumber air yang sama 24 sampel diberi perlakuan dengan besar tegangan yang berbeda dan 2 sampel sebagai kontrol. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan SPSS.

Dari hasil statistik analisa univariat diperoleh rata-rata penurunan kadar Kekeruhan yang paling efektif pada tegangan 12 volt sebesar 6 NTU, hasil bivariat Anova diperoleh F tabel 3,10 < F hitung 5.196 danP value (.000) < (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian menunjukkan bahwa ada PengaruhBesar Tegangan Pada ReaktorLektrokoagulasi Terhadap Penurunan Kadar Kekeruhan Pada Air TanahDi kp. Panineungan  Desa Sukaraja Kabupateh Sukabumi.

Diharapkan kepada warga masyarakat atau petugas kesehatan yang akan melakukan penyaringan air untuk menurunkan kadar kekeruhan dengan menggunakan elektrokoagulassi dengan besar tegangan 12 volt atau lebih karena dapat menurunkan kadar Kekeruhan pada air yaitu 6 NTU  atau <25 NTU. Maka dapat dikatakan air tersebut memenuhi syarat kualitas air bersih
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login