Pengaruh Serbuk Biji Kelor (Moringa Oleifera L) Dalam Menurunkan Kadar Kekeruhan (Ntu) Pada Air Tanah Di Kampung Babakan Rt 02 Rw 12 Kelurahan Sukakarya Kota Sukabumi Tahun 2019
SITI FATIMAH

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Kekeruhan disebabkan oleh zat padat yang tersuspensi, baik yang bersifat anorganik ataupun organik. Zat organik, biasanya berasal dari lapukan batu dan logam, sedangkan organik berasal dari lapukan tanaman atau hewan. Berdasarkan studi pendahuluan kandungan kadar kekeruhan (NTU) di Kampung Babakan Rt 02 Rw 12 Kelurahan Sukakarya Kota Sukabumi yaitu 41,00. Brdasarkan permenkes No 416 Tahun 1990 tidak memenuhi syarat air bersih karena melebihi nilai ambang batas yaitu 25mg/liter. Berdasarkan uraian tersebut peneliti ingin mencoba mengggunakan serbuk biji kelor (Moringa Oleifera L) dengan dosis 60mg, 70mg, 80mg, dan 90mg. Untuk menurunkan kadar kekeruhan (NTU) pada air tanah.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh dosis serbuk biji kelor (Moringa Oleifera L) dalam menurunkan kadar kekeruhan (NTU) pada air tanah.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah berdasarkan sifat masalahnya adalah eksperimen menggunakan penelitian verifikatif. Populasi penelitian yang diteliti adalah 25 sampel diambil dari sumber yang berbeda, 24 sampel diberikan perlakuan dosis berbeda dan 1 sampel sebagai sampel kontrol. Analisa data menggunakan univariat dan bivariat menggunakan SPSS.

Hasil penelitian: Berdasarkan hasil analisa univariat, dosis 70mg paling efektif menurunkan kadar kekeruhan (NTU) diperoleh rata-rata 13,3 mg/l. Hasil Anova diperoleh hasil analisa bivariat anova diperoleh F hitung 60.149 > F tabel 3.10 dan p-value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh serbuk biji kelor (Moringa Oleifera L) terhadap kadar kekeruhan (NTU) di Kampung Babakan Rt 02 Rw 12 Kelurahan Sukakarya Kota Sukabumi.

Saran: Bagi masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menurunkan kadar kekeruhan dengan menggunakan bahan yang mudah didapat dan mudah mempraktikannya dilapangan.

 

Kata Kunci           : Serbuk Biji Kelor (Moringa Oleifera L), Kadar Kekeruhan (NTU), Air Tanah

Daftar Pustaka    : 8 (2006-2011)

Website           : 2
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login