Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Kelas III RS Bhayangkara Setukpa Lemdikpol Kota Sukabumi Tahun 2019
OFIAN ISMANA

Abstrak

ABSTRAK

Latar Belakang :Mutu pelayanan keperawatan di Indonesia masih dianggap kurang memuaskan, dikarenakan oleh beberapa alasan seperti, perawat yang kurang perhatian kepada pasien, perawat kurang memberikan caring kepada pasien, perawat kurang tanggap dalam menangani keluhan pasien, perawat kurang dalam pemberian motivasi kepada pasien dan perawat kurang memperhatikan sikap teraupetik kepada pasien. Hal ini menyebabkan kepuasan yang dirasakan oleh pasien serta kenyamanan pasien pada perawat kurang maksimal. Mutu pelayanan keperawatan tidak terpisah dari 5 dimensi mutu yaitu, cepat tanggap, kehandalan, jaminan, empati, dan bukti langsung. Berdasarkan 5 dimensi diatas menyatakan bahwa mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi pasien. Hal ini di dukung dengan study pendahuluan dengan metode wawancara di RS Bhayangkara Setukpa Lemdikpol Kota Sukabumi. Bahwa terdapat 10 pasien mengatakan kurang puas dengan pelayanan keperawatan di karenakan kurangnya cepat tanggap pada keluhan pasien

Tujuan : untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di ruang Rawat Inap Kelas III RS Bhayangkara Setukpa Lemdikpol Tahun 2019.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 34 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji chi-square

=Hasil : Mutu pelayanan sebagian besar  kategori baik sebanyak 15 responden (44,1%). Kepuasan pasien sebagian besar kategori puas sebanyak 30 responden (88,2%).

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RS Bhayangkara Setukpa Lemdikpol Kota Sukabumi bulan Oktober  Tahun 2019 dengan nilai P value 0.000

Saran: Diharapkan dapat memberikan masukan tentang gambaran mutu pelayanan dan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III terutama dalam mencakup responsiveness / tanggung jawab dan  empathy / empati sehingga ke depannya akan lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.

 

 

Kata kunci               : Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien

Daftar Pustaka       : 10 (2006 – 2018)

Web    : 3
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login