HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASANDENGAN PREMENSTRUASI SINDROM KELAS VII DI SMPN 15 SUKABUMI TAHUN 2018
LINAWATI

Abstrak

Premenstruasi Sindrom merupakan kondisi medis umum yang mempengaruhi hubungan wanita, aktifitas sosial, produktifitas kerja, dan kualitas hidup. Berbagai gejala emosional yang paling umum dialami wanita saat pra-haid timbul suatu kecemasan ketika menghadapi PMS. Data di SMP Negeri 15 Kota Sukabumi, jumlah siswi kelas VII adalah 205 terdiri dari beberapa kelas dari kelas A sampai kelas I. Sekitar 70 % banyak siswi yang mengalami kecemasan dan Sindrom Premenstruasi saat menjelang menstruasi. Hal ini disebabkan karena banyak siswi yang mengalami permasalahan yang sering terjadi yaitu masalah mengenai menstruasi yang hampir setiap bulan ada siswi SMP yang mengeluhkannya. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini akan menganalisa apakah ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan premenstruasi sindrom pada siswi kelas VII di SMPN 15 Kota Sukabumi? Tujuan; Mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan premenstruasi sindrom.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik melalui pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 67 responden  dengan teknik stratified sample random dengan mengetahui tife premenstruasi kategori ringan 22 responden, kategori  sedang 18 responden dan berat 27 responden. Hasil dari siswi kelas VII berdsarkan tife kategori A 29 responden dan kategori tife C sebanyak 11, kategori D sebanyak 10 dan kategori tife H sebanyak 17 responden.

Berdasarkan tabel 5.4 dapat dilihat bahwa nilai P value = 0.019 berarti < 0,05 yang menunjukan bahwa ada Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Premenstruasi Sindrom Kelas VII di SMPN 15 Kota Sukabumi.Terdapat Hubungan antara Tingkat Kecemasan dengan Premenstruasi Sindrom. Upaya yang dapat dilakukan oleh SMPN 15 Sukabumi Agar dapat lebih meningkatkan konseling, bimbingan, arahan terutama upaya menurunkan kejadian Pre-Menstruasi Sindrom pada siswi kelas VII di SMPN 15 Kota Sukabumi.

 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login