HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN PENATALAKSANAAN ASUHAN PERSALINAN NORMAL DI PUSKESMAS PONED CIRENGHAS KABUPATEN SUKABUMI TAHUN 2016
LINAWATI

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi dengan meningkatnya penderita AKI dan AKB di Indonesia tertinggi di negara Asean. Menurut SDKI tahun 2002/2003 AKI 307/100.000 kelahiran hidup dan AKB 35/1.000 kelahiran hidup dan 46/1000 kelahiran hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Sarana Dan Prasarana Dengan Penatalaksanaan Asuhan Persalinan Normal Di Puskesmas Poned Cireunghas Kabupaten Sukabumi.

Sarana ialah sesuatu yang dapat digunakan sebagai angkat/peralatan dalam pencapaian maksud dan tujuan sedang prasarana ialah sesuatu yang merupakan faktor penunjang terlaksananya suatu proses kegiatan sehingga dapat diklasifikasikan hal-hal yang termasuk dalam sarana dan prasarana.                                                                    

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik melalui pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 20 responden  dengan total sampling dengan hasil sarana dan prasarana 15 lengkap, dan sarana prasarana tidak lengkap 5. Hasil penatalaksanaan asuhan persalinan normal Ya 12 responden dan yang Tidak 8 responden.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa  P value = 0,004 menunjukan adanya hubungan sarana dan prasarana dengan penatalaksanaan asuhan persalinan normal.

Terdapat hubungan sarana dan prasarana dengan penatalaksanaan asuhan persalinan normal di Puskesmas Poned Cireunghas Kabupaten Sukabumi. Upaya yang dapat dilakukan oleh Puskesmas Poned Cireunghas adalah dengan melakukan penyuluhan kepada bidan agar dapat lebih meningkatkan konseling, bimbingan, arahan tentang manfaat sarana dan perasarana dengan penatalaksanaan asuhan persalinan normal.

 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login