PENGARUH EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) DALAM MENURUNKAN KEMATIAN LALAT RUMAH (Musca domestica)
SITI FATIMAH

Abstrak

ABSTRAK

Lalat rumah atau dalam bahasa latin disebut “Musca domestica” merupakan salah satu serangga yang hidup di lingkungan manusia. Lalat ini merupakan spesies yang punya peran penting dalam masalah kesehatan masyarakat. Sebab, serangga yang satu ini bisa menjadi ancaman penyebaran penyakit yang perlu diwaspadai keberadaannya akibat kebersihan lingkungan sekitar rumah yang kurang diperhatikan secara baik dan sehat.

Cara untuk mengurangi kerugian tersebut akibat dampak negatif penggunaan insektisida sintesis maka perlu dikembangkan penggunaan insektisida alami yang berasal dari tumbuhan. Salah satunya adalah dengan menggunakan serai wangi yang telah di ekstraksi.

Penelitian ini dilakukan dengan cara menyemprotkan berbagai konsentrasi ekstrak serai wangi (Cymboopogon nardus) ke lalat rumah (Musca domestica). Penelitian berlangsung selama 5 hari dengan menggunakan 4 perlakukan, yaitu masing-masing konsentrasi 20%, 30%, 40%, dan 50%.  Setelah data terkumpul, maka selanjutnya dianalisa dengan menggunakan ANOVA. Analisis ini dimaksudkan untuk menguji hipotesis dan untuk membuktikan teori berdasarkan data yang sudah terkumpul.

Setelah dilakukan Uji ANOVA ternyata signifikansi <  0,05. Dimana P-value 0,00 < 0,05 Maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak daun sirih terhadap kematian lalat rumah secara signifikan.

 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login