HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG MANFAAT POSYANDU DENGAN SIKAP IBU DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN POSYANDU DI POSYANDU PISANG DESA LIMBANGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMBANGAN KABUPATEN SUKABUMI TAHUN 2017
IRA FARIDASARI

Abstrak

ABSTRAK

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu adalah forum komunikasi alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai nilai strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia sejak dini. Penelitian ini dilatar belakangi Di desa limbangan terdapat 13 Posyandu, diantaranya Posyandu Pisang masih banyak ibu balita yang kurang memanfaatkan pelayanan kesehatan, setelah dilakukan studi pendahuluan pada tanggal 18 maret 2017 kepada 10 ibu balita sebagian ibu didapatkan ada 3 ibu balita (30%) yang mengatakan tahu manfaat Posyandu dan mereka suka datang ke Posyandu, selebihnya sebanyak 7 ibu balita (70%) mengatakan kurang tahu manfaat Posyandu sehingga mereka kurang memanfaatkan pelayanan Posyandu dan jarang datang ke Posyandu. Hal ini menunjukkan banyak ibu balita yang tidak mengetahui manfaat Posyandu dan kebanyakan ibu balita tidak memanfaatkan pelayanan Posyandu.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu Balita Tentang Manfaat Posyandu Dengan Sikap Ibu Dalam Memanfaatkan Pelayanan Posyandu Di Posyandu Pisang Desa Limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Tahun 2017.

Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik cross sectional dengan pengambilan sampel  menggunakan  total sampling  dengan teknik total sampling yakni 89 orang responden di posyandu pisang desa limbangan wilayah kerja puskesmas limbangan kabupaten sukabumi. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dan observasi. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan excel dan SPSS 15.0 for windows.

Hasil analisa univariat  pengetahuan ibu tentang manfaat posyandu  terbayak kategori pengetahuan Cukup 59 orang dengan sikap ibu dalam memanfaatkan pelayanan posyandu terbanyak kategori kadang-kadang  37 orang. Dari Hasil uji statistic diperoleh nilai P-Value 0,001 maka dapat disimpulkan ada Hubungan antara pengetahuan ibu balita tentang manfaat posyandu dengan sikap ibu dalam memanfaatkan pelayanan posyandu di Posyandu Pisang wilayah kerja Puskesmas Limbangan kabupaten Sukabumi tahun 2017 dengan tingkat kepercayaan 95%.

Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu balita dalam memanfaatkan pelayanan posyandu.
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login