Hubungan Sikap Ibu Dalam Pemanfaatan Posyandu Dengan Status Gizi Balita Di Desa Limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi Tahun 2019
IRA FARIDASARI

Abstrak

ABSTRAK

Latar Belakang: Menurut WHO (2012) jumlah penderita status gizi kurang pada anak di dunia mencapai 104 juta anak dan keadaan status pada anak masih menjadi penyebab sepertiga dari seluruh penyebab kematian anak diseluruh dunia. Data Kepdes RI tahun 2016 menyebutkan pada tahun 2011 prevalensi anak balita yang mengalami gizi kurang dan buruk masing-masing 18,4% dan 36,8% sehingga Indonesia termasuk di antara 36 negara di dunia yang memberi 90% kontribusi masalah gizi dunia (UN-SC on Nutrition 2016).

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan sikap ibu dalam pemanfaatan posyandu dengan status gizi balita di desa limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cros sectional study (seksional silang). Populasi pada penelitian ini yaitu semua ibu dan balitanya yang ada di Desa Limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan Kabupaten Sukabumi tahun 2019 sebanyak 428 ibu yang punya balita. Jumlah sampel sebanyak 81 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.

Hasil: Sikap responden dalam pemanfaatan posyandu sebagian besar memiliki sikap positif yaitu sebanyak 51 (77.8%). Status gizi balita sebagian besar yaitu status gizin normal yaitu sebanyak 46 (81.2%).

Kesimpulan: Terdapat hubungan pemanfaatan posyandu dengan status gizi pada balita di Desa Limbangan Wilayah Kerja Puskesmas Limbangan dengan nilai P_value sebesar 0,009.

Saran: Diharapkan agar puskesmas Limbangan dapat mempertahankan pengawasan dan mempertahankan program yang sudah ada terhadap kesehatan terutama status Gizi pada balita dan pemanfaatan posyandu dengan memberikan penyuluhan lebih sering tentang pentingnya gizi seimbangan buat anak.

 

Kata Kunci      : Posyandu, Status Gizi Balita

Referensi        : 22 Referensi (2002-2011)

Website           : 3
 



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT Poltekes Yapkesbi | Login