.: Poltekes Yapkesbi Sukabumi :.

Navigation




Jadi PNS Harus Punya Kepribadian

09-09-2013,Rachmad Faisal Harahap - Okezone,

Setiap orang harus mempunyai kepribadian, termasuk juga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nah, untuk melihat kepribadian masing-masing CPNS inilah ada tes kepribadian yang juga menjadi bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Educational Psychologist Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA mengatakan, untuk kualifikasi menjadi PNS, selain psikotes memang ada juga tes kepribadian. Tes ini, kata Irene, akan menunjukkan apakah kepribadian seseorang cocok untuk menjadi PNS sesuai syarat-syarat yang ditentukan penyelenggara tes.

"Psikolog juga mengkriteriakan kepribadian yang seperti apa sih yang harus jadi PNS. Semakin bagus saringannya justru nanti PNS kita semakin bagus juga. Tapi kalau yang diluluskan saja tanpa adanya standar dari kualifikasi, bisa jadi kepribadiannya malah tidak sesuai," kata Irene ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

PNS harus bisa melayani masyarakat. Artinya dia harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal ini bisa kita lihat melalui tes kepribadian tersebut.

"Kalau ternyata kepribadiannya enggak ada sosialnya dan lolos tes, maka tidak ada artinya dia bekerja sebagai PNS jika sikap kepribadian sosialnya tidak ada," katanya.

Irene mengingatkan, memang ada kriteria khusus yang harus dipenuhi dalam setiap profesi, termasuk juga PNS. "Jadi kalau ditolak, bukan artinya tidak bisa kerja, tapi carilah pekerjaan yang sesuai dengan bakat yang diberi sama Tuhan," imbuhnya. (rfa)